Thursday, December 30, 2010

Ikhlas; Salah Satu Kunci Menjalani Hidup

Hidup memang tak selalu diisi dengan keceriaan. Air mata akan selalu menjadi bagian dari umat ciptaan Ilahi. Pada saat kita diuji dengan tangisan, mungkin di seberang sana sahabat kita justru tengah riuh dengan gelak tawa. Namun, apa yang terjadi beberapa waktu kemudian?

Ya, kita pun mendapat giliran untuk turut menikmati tertawa itu. Menikmati betapa bahagianya menjalani hidup setelah begitu banyak airmata yang terkuras.

Sebaliknya sahabat kita yang tertawa di ujung sana, saat ini sedang berusaha bersabar, menghadapi ujian berupa musibah dari Sang Maha Empunya diri tersebut. Tak ada lagi tawa riang yang waktu itu selalu mengisi hari-harinya. Yang terlalu ditonjolkan adalah wajah yang muram durja.

Begitulah, alur hidup manusia. Semua secara bergiliran menghampiri diri kita. Kadang, kita diuji dengan kenikmatan, kadang diuji dengan musibah. Keduanya tak akan kekal menghampiri setiap anak adam. Apa makna tersirat dari peristiwa tersebut?hanya mereka yang memiliki keimanan yang tangguh yang dapat bersabar  meniti kehidupan di dunia ini. Mereka yang  yakin bahwa Sang Pencipta selalu ada dalam setiap langkah hidup-Nya.

Pasti telinga kita tak akan asing dengan kalimat , “roda ini berputar, kadang di atas, kadang di bawah
Dalam Alquran surat Albaqarah:155-156, dituliskan:
           
           “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, Innaalillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.


Dalam pemikiranku, ikhlas merupakan salah satu kunci agar kita dapat menjalani hidup ini dengan sempurna, meski diterpa dengan musibah yang menguras tangis airmata. Tak ada kata yang lebih bijak daripada ikhlas. Ikhlas, ikhlas dan ikhlas. Mudah memang mengucapkannya, namun mengaplikasikannya dalam tiap diri tak semudah membalikkan telapak tangan. Tak segampang ketika kita menggerakkan bibir kita sehingga terdengar kata ;“harus ikhlas !”

Tapi, meski kita mati-matian tak ingin “ikhlas” dengan keadaan itu, toh keadaan yang telah menyapa kita itu tak akan bisa berubah. Masihkah kita tak ingin “ikhlas” dengan kondisi tak menyenangkan itu?

Jawabannya tentu ada pada setiap diri. Semua pilihan ada di tangan kita sendiri. Life must go on, friends:).Hidup harus terus berjalan, sobat!

Tulisan ini tiba-tiba saja bersarang di otakku, entah mungkin karena syaraf-syaraf otakku terinspirasi dari beberapa cerita yang mengharukan dari aktivitas blogwalkingku. Makanya, sebelum ide itu berhembus tanpa meninggalkan jejak sedikitpun, aku segera mempatenkannya melalui tulisan sederhana ini. Semoga banyak hikmah (khususnya untuk diriku sendiri) yang dapat  dipetik :)

18 comments:

  1. iklash mnurut saya tidak ada beban sma skali..so free... freedom....

    ReplyDelete
  2. Ikhlas adalah kekuatan batin untuk merelaka yang berlandaskan ketulusan hatii

    ReplyDelete
  3. :)

    makasih ya udah berkunjung ke blogku..

    ReplyDelete
  4. salam sobat
    benar mba ,dengan ikhlas menjalani hidup ini,akan terasa nyaman dan terhindar dari segala hal yg membuat hidup ini susah dan beban berat.

    ReplyDelete
  5. Ikhlas adalah bekal kesempurnaan menuju jalan Allah...

    ReplyDelete
  6. terimakasih, tulisannya bisa menjadi inspirasi untuk belajar ikhlas dalam menghadapi setiap cobaan hidup. akan lebih baik lagi kalau kita juga senantiasa bersyukur dengan apa yang sudah ditetapkanNya, sehinggga semua ujian hidup terasa ringan kita jalani. selamat tahun baru ya..

    ReplyDelete
  7. Nura : iya setuju, Mbk

    Yahya Faqih : Bener..kita dari Allah dan akan kembali pada-Nya.
    Makasih bwt kunjungannya sobat

    Dwi : setuju,setuju...ikhlas kan salah satu kunci, artinya msh ada kunci yang lain, seperti syukur, sabar. Met tahun baru jg..

    ReplyDelete
  8. ikhlas dalam menjalani cobaan-Nya berjuang agar tidak iri hati terhadap orang lain, krn yg terlihat baik bagi orang lain, belum tentu baik bagi diri kita

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah, saya sedikit tercerahkan setelah membaca artikel yang menarik di atas

    ReplyDelete
  10. r10 : Yup, setuju...Allah Maha TAu yang terbaik bwt hamba-Nya. Thanks bwt kunjungannya

    hanya nulis :^_^ thanks bwt kunjungannya

    ReplyDelete
  11. Selamat tahun baru semoga tambah sukses selalu

    ReplyDelete
  12. salam sob..
    benar kita harus selalu ikhlas dalam menjalani hidup

    ReplyDelete
  13. Salesman Jogja : sama2 Mas.

    KIsah abu nawas : bener..

    ReplyDelete
  14. Tidak ada hal lain selain ikhlas
    Karena kita sesungguhnya bukan pemilik kehidupan, Allah SWT lah yg memilikinya.

    Hidup ini harus diperjuangkan, kemudian iringi dengan doa dan serahkan hasilnya kepada Allah.

    ReplyDelete
  15. ^_^
    makasih bwt kunjungannya..

    ReplyDelete
  16. Memang sulit Mba..menjadi orang yg benar2 ikhlas...
    Kunjungan balik, sekalian minta ijin follow blognya

    Salam hangat & sehat selalu...

    ReplyDelete
  17. thanks udah di follow, udah saya follow balik.
    salam sobat

    ReplyDelete

Buat semua Sobat, saya sangat menghargai satu dua patah komentar Anda, tapi please gak usah meninggalkan link di kolom ini atau di Wit's chat box, ok.
Saya sangat menghargai pengertian sobat:)