Tuesday, February 15, 2011

Titipan

Mata itu cahaya kehidupan. Alat indra yang dititipkan oleh Sang Pencipta kepada makhluk ciptaan-Nya ini begitu berharga. Dengan mata, manusia bisa menatap dunia. Dengan mata, manusia bisa melakukan banyak hal. Dengan mata jua manusia bisa membedakan setiap cahaya yang ada di alam ini.


Bayangkan, bila kita terlahir ke dunia dengan kondisi dapat melihat, kemudian dengan izin-Nya kita kehilangan penglihatan itu! Sungguh awalnya, tentu akan sulit menerima kenyatan ini. Namun, perlahan-lahan akhirnya ikhlas itu hadir juga seiring dengan berjalannya waktu.

Disini, baru manusia mengerti artinya kehilangan. Mengerti betapa berharganya penglihatan itu. Memang benar bila ada yang mengatakan bahwa sesuatu itu akan berharga bila kita telah kehilangan. Ya., dalam setiap aspek dalam kehidupan ini memang benar jika dikatakan bahwa sesuatu itu akan benar-benar berharga bila kita telah kehilangan. Hal yang paling simple contohnya adalah penglihatan ini. Baru, manusia mengerti pentingnya keberadaan mata.

Selama ini, mungkin manusia tak menyadari bahwa mata itu adalah anugerah dari Allah, namun begitu telah kehilangan barulah sadar arti pentingnya anugerah itu.

Sedikit berbagi, melalui postingan ini saya ingin bercerita tentang kerabat saya yang kedua matanya mengalami masalah. Akibatnya, kemandirian yang beliau miliki sejak lahir terpaksa hilang. Apapun aktivitas kesehariannya selalu dibantu oleh orang terdekat. Maklum, kehilangan mata yang terjadi ketika beliau telah terbiasa dengan sepasang matanya, amat tak mudah menyesuaikan diri dengan keadaan buram ini.

Setelah didiagnosa oleh ahli mata, ternyata hanya satu mata beliau yang bisa diselamatkan. Itupun dengan prediksi fifty fifty bahwa operasi laser yang beliau jalani akan sukses. Meski, prediksi seorang dokter hanya fifty fifty, akan tetapi keluarga tetap megambil tindakan untuk tetap melaser mata beliau. Dan..alhamdulilah, dengan izin Sang Maha Kuasa, operasi berjalan sukses. Mata tersebut berhasil dikembalikan fungsinya. Betapa bersyukur kami sekeluarga saat itu.

Tetapi, sungguh menakjubkan angka untuk menyelamatkan sebelah mata melalui laser ini. Cukup fantastis!! Disinilah, kita sebagai manusia sebaiknya selalu bersyukur dan menyadari bahwa Allah telah begitu baik kepada kita. Allah telah meminjamkan kepada kita dua mata sebagai cahaya kehidupan tanpa biaya sepeserpun. Sungguh, seharusnya kita semua mensyukuri keadaan ini !

Bila dihitung-hitung secara ekonomi, baru harga satu buah mata ketika dilaser begitu fantastisnya, lalu bagimana dengan satu buah tubuh full seperti yang kita semua miliki. Bisa dibayangkan betapa berharganya pundi-pundi rupiah yang akan dikeluarkan bila salah satu bagian tubuh ini ada yang butuh perawatan khusus. Bukankah demikian??

Kemudian, bila kita kembali pada hakekat penciptaan diri kita. Apakah Allah membebankan biaya satu rupiah pada kita?tidak bukan?semuanya gratis!! Akan tetapi, Allah meminta kita untuk menyembah-Nya serta menebar kebaikan di bumi ini.  Ya, hanya meyembah-Nya. Berbuat kebaikan pada hakekatnya adalah untuk diri kita sendiri. Kebaikan yang kita lakukan adalah sebagai amal kita ketika menghadapNya kelak. Dan menyembah-Nya itu pun sudah menjadi kebutuhan kita. Bukankah hidup kita semua ada di atas kuasa-Nya? Allah tak membutuhkan apapun dari kita, akan tetapi kitalah yang selalu membutuhkan pertolongan-Nya dalam setiap sendi dalam kehidupan kita. Iya kan? Apalagi ketika diri ini dihadapkan pada kondisi tak membahagiakan, ribuan kata kita ucapkan kepada Allah dalam setiap doa kita. Bukankah ini cukup menjadi bukti bahwa kita, manusia ini lemah dan sebaliknya Allah Maha Kuasa atas segalanya, sedikitpun Allah tak membutuhkan apapun dari makhluk ciptaan-Nya.

Maka, sebelum nikmat-Nya diambil, syukurilah semuanya. Hargailah dan rawatlah apa yang dititipkan-Nya pada kita. Begitu, titipan itu diambil, kita tak akan dapat melarangnya. Dan, sekali lagi sesuatu itu akan sangat berharga bila kita telah kehilangan.

Bagaimana?ada yang mau berbagi?Yuk, silahkan, share disini:)!
 

18 comments:

  1. Merawat ex: menjaga kesehatan merupakan bukti syukur kita terhadap pemberianNYA..

    Semoga kembali teringatkan dengan postingan ini ^___^

    ReplyDelete
  2. Bersyukur dengan memperbaiki ibadah dan sedekah yang ikhlas...

    ReplyDelete
  3. nice to share this :)
    semua adalah titipan Allah SWT dan patut kita jaga titipan Nya itu.

    salam kenal, semoga bisa tetap saling berkunjung :)

    ReplyDelete
  4. saya juga pernah bermasalah dengan mata kiri saya
    dan harus menjalani operasi
    sekarang saya sangat berhati-hati menjaga kedua mata saya..

    ReplyDelete
  5. Opininya sangat bagus, memang kita harus selalu mensyukuri serta merawat semua anugerahNya, sebelum terlambat dan jadi penyesalan.

    ReplyDelete
  6. iya bener wits, sebagai manusia kita seringkali terlupakan akan rasa syukur kehadirat illahi atas segala yg kita miliki dan hanya pada saat kita kehilangan sesuatu yg berharga barulah kita menyesal, ayo sodara/i kita sama2 belajar mensyukuri segala nikmat yg kita terima dari sang illahi dan janganlah kita pernah mengeluh karena mengeluh merupakan bagian dari rasa tdk bersyukur yg hanya akan membuahkan hasil kekecewaan

    ReplyDelete
  7. Sungguh postingan yang mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas semua nikmat yang banyak dari Allah SWT...jadi teringat surat Ar Rahman...
    nice post mbak Wits..

    ReplyDelete
  8. sungguh postingan yang meningatkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang banyak dari ALlah SWT, jadi ingat surat Ar Rahman...
    Nice post mbak wits

    ReplyDelete
  9. Makasih mbak Wits udah mengingatkan.. saya belum sholat hari ini

    ReplyDelete
  10. iya bener banget,,, setelah kehilangan baru terasa, sama seperti setelah sakit,baru terasa sehat itu enak banget. terkadang kita sering lupa ya... thanks wits dah ngingetin..

    ReplyDelete
  11. gunakan dan manfaatkan sesuai dengan peruntukkan yang telah ditetapkan Sang Penitip itulah bukti syukur kepada-Nya..

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/02/14/tugas-mulia-rasulullah-saw/

    ReplyDelete
  12. Ami :itu salah satu bentuk aplikasinya mbk..

    ica puspita:Salam kenal jg. Dengan senang hati, insyaallah

    lyna r :iya, mbk harus dijaga. Jangan sampai nyesel belakangan

    Dwi :bener

    Pria sederhana : setuju

    Ummurizka :iya mbk, bener sekali:)

    Lozz Akbar & MJ: sbg manusia memang harus saling mengingatkan, meski melalui tulisan sederhana

    Gunawank :tentunya. Salam kenal juga

    ReplyDelete
  13. mensyukuri apa yang ada
    memelihara apa yang diberi

    ReplyDelete
  14. salam sob
    karena titipan kita harus pandai menjaganya

    ReplyDelete
  15. attayaya_alam : klop sekali kalimatnya..

    kisah abu nawas : setuju

    ReplyDelete
  16. postingan bagus dan menyentuh banget Wit...Seperti diingetkan bahwa semuanya yang telah diberikan pada kita merupakan titipan...Thanks yah Wit

    ReplyDelete

Buat semua Sobat, saya sangat menghargai satu dua patah komentar Anda, tapi please gak usah meninggalkan link di kolom ini atau di Wit's chat box, ok.
Saya sangat menghargai pengertian sobat:)