Monday, January 24, 2011

Musik

Banyak media  yang dapat digunakan untuk mengekspresikan apa yang ada di diri ini. Bagi orang-orang dengan spesifikasi tertentu, mereka dapat mengekspresikan diri melalui karya yang dapat berupa tulisan,gambar, ukiran,musik, pahatan dan beberapa bentuk ekspresi diri lainnya.

Lazimnya, ekspresi diri dalam bentuk karya seperti disebutkan di atas disebut dengan seni. Seni memiliki “nilai” tersendiri bagi penikmatnya. Di negeri ini, banyak orang yang memilih seni sebagai misi hidupnya. Ada panggilan hati tersendiri yang membuat mereka berekspresi melalui seni tersebut.

Dan berbicara mengenai ekspresi diri, yang salah satu di antaranya adalah musik, maka pada posting kali ini saya akan sedikit berbicara mengenai musik.


Ada kata seperti ini , music is my life. My life is music. Ya..bagi orang-orang yang suka sekali dengan musik. Musik itu adalah bagian dalam hidupnya. Tiada hari tanpa musik pokoknya.


Musik itu universal. Tiap individu rata-rata menyukai musik. Bahkan dari beberapa buku yang pernah saya baca bahwa banyak calon ibu yang melakukan terapi musik klasik dengan harapan anak yang dilahirkan kelak akan memiliki kecerdasan dan daya kreativitas yang baik.

Nah…, artinya sedari dini calon penghuni bumi telah diperkenalkan dengan musik, mengingat banyak sekali efek dan manfaat yang diperoleh dari mendengarkan musik. Dan, saya pribadi salah satu orang yang memiliki hobi mendengarkan musik. 

Dengan musik  hidup ini jadi lebih bernuansa. Dengan musik  suasana hari-hari lebih berwarna.

Oya? Sebegitu besarkah efek dari musik bagi pendengarnya?

Dalam pemikiran saya sih begitu..dengan musik,  hati yang terluka bisa sedikit terhibur. Dengan musik suasana yang hampa dan sepi jadi lebih berirama. Dan tak hanya itu, dengan musik pula suasana hati yang berbinar-binar bisa terhipnotis secara tiba-tiba menjadi sendu.

Hah??Masa sih?

Iya. Kan logikanya apa yang kita dengarkan secara tak langsung mempengaruhi diri kita. Musik itu melodinya bermacam-macam. Kalau musiknya melo, sendu, mengharu-biru maka otomatis pendengar musik jadi terbawa suasana ‘kemeloan’ lantunan  musik yang didengar tersebut. Makanya, mendadak bisa jadi ikut-ikutan melo jadinya. (sssstt, tapi keputusan untuk ikut terbawa suasana atau tidak sepenuhnya ada pada pilihan pendengar ya, ini hanya logika saya saja )

Wah..jadi seperti aura yangmenular ya?

Ya, lebih kurang begitu, hehe..

Namun, musik juga ada misinya loh. Beberapa penyanyi ternama seperti Mas Ebiet.G.Ade, Mas Opick, Mas Iwan Fals dan penyanyi kondang lainya sukses dengan lirik-lirik lagunya yang penuh dengan pesan tersirat.

O..jadi bermusik juga bisa mengajak  orang pada kebaikan ya, layaknya tugas mulia yang dilakukan oleh para pendakwah pada umumnya?

Bisa jadi begitu. Hanya saja cara “mengajaknya” itu sedikit berbeda, tak melulu seperti ceramah:)

Mengingat musik itu sangat variatif, tiap orang pasti memiliki selera tersendiri. Benar ato bener??(lohh...:))

Hayo, sekarang apa masih ada yang tak suka sama musik?hehe..

*gambar diambil dari google

9 comments:

  1. Betul..sayapun suka musik karena memang ia cukup membantu mengolah 'mood',membantu mengingatkan akan sesuatu(musik nasihat misalnya),atau sekedar musik yang menenangkan diri saat lagi belajar(instrument biasanya). Saya juga suka bikin soundtrack moment2 berharga,biar seruu aja kalo diingat,heheh..

    ReplyDelete
  2. hidup ini tak pernah lepas dari musik, walau itu suara berisik. menjengkelkan suatu kali, lain kali menyenangkan.

    ReplyDelete
  3. saya ini aneh loh Mbak Wit.. cenderung suka dengan musik yang isinya sedih.. apa kelainan ya ?

    ReplyDelete
  4. mendengrkan musik memang seru mbak, musik musik instrument dan lagu2 yang bikin semangat haha

    ReplyDelete
  5. Putri Baiti Hamzah : ya, ternyata banyak ya, manfaat mendengarkan musik.

    Muhammad A Vip : setuju

    Lozz Akbar : klo mnrtku sih, nggak. Itu kan tergantung selera. Hanya saja, mkn pny pengalaman yg sedih kali, jd memorinya kebawa terus, hehe.. Cb sekali2 dgrin lagu yang "semangat", pasti kita jg bkl semangat

    Auraman : hehehe

    ReplyDelete
  6. Sama Sist,,,,Aq juga suka banget dengan MUSIK,,,
    Sambil dengerin musik,,,,tak terasa kerjaan pun tiba2 beres,,,,karena kerja sambil dengerin musik,,,hehee

    ReplyDelete
  7. semua jenis musik saya suka asalkan musiknya bukan musik rock yang keras-kera gitu. oh ya musik keroncong juga suka (pas waktu nggak bisa tidur aja) :)

    ReplyDelete
  8. musik memang bagian dari keindahan yang disukai manusia.. denger-denger tumbuhan dan hewan juga suka musik.. hehehe.. nice info
    salam sukses..

    sedj

    ReplyDelete
  9. Mimi Taria : hehehe, bnr2..

    Yusuf: sama, saya juga suka beberap lagu keroncong..

    Sedjatee : oya?keren y, hehe..

    ReplyDelete

Buat semua Sobat, saya sangat menghargai satu dua patah komentar Anda, tapi please gak usah meninggalkan link di kolom ini atau di Wit's chat box, ok.
Saya sangat menghargai pengertian sobat:)