Thursday, November 25, 2010

Internet Sehat Bikin Hebat


Teknologi itu….internet

Perkembangan teknologi menjadi bukti bahwa peradaban manusia semakin maju. Teknologi dan manusia adalah dua bagian yang tak terpisahkan. Keduanya berkorelasi bolak-balik. Teknologi ada dan semakin berkembang karena upaya evolusi yang dilakukan manusia secara terus menerus. Manusia selalu melakukan inovasi-inovasi sehingga pemutakhiran selalu terjadi. Sebaliknya, pemutakhiran teknologi ini tak lain bertujuan untuk memberi  kemudahan kepada pengguna (user), yang dalam hal ini tak lain adalah manusia itu sendiri. Jadi, jelas bahwa manusia memiliki dwifungsi sekaligus, sebagai innovator dan user.


Perkembangan teknologi memang tak dapat dihindari, apalagi di masa yang serba mobile saat ini. Akses informasi menjadi tanpa batas. Tanpa mengenal ruang dan waktu.Teknologi yang dimaksud adalah internet.  

Internet yang merupakan kepanjangan dari 'interconnected-networking' merupakan rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Dengan segala fasilitas yang dimilikinya, seperti pusat informasi, bisnis serta permainan maka tak heran jika internet selalu dibutuhkan semua penggunanya. Kemudahan akses yang dilakukan oleh setiap pengguna membuktikan bahwa melalui akses “KLIK” semata, semua bisa  dengan mudah dilakukan, Ya, saking mudahnya seakan  “the world is in front of your finger” , dunia itu ada di ujung jari pengguna. Analogi yang pas untuk aktivitas internet yang hanya “KLIK” saja ini.

Berdasarkan data Kementrian Komunikasi dan Informatika didapat bahwa pengguna internet pada tahun 1998 kurang lebih 200 juta pengguna dan bertambah dengan pesatnya pada tahun 2009 hingga menjadi 1,56 milyar pengguna. Angka yang fantastis bukan?

Keadaan ini dipicu oleh banyaknya sarana yang memberikan kemudahan untuk mengaksesnya. Saat ini tersedia teknologi ADSL, 3G dan EVDO. Meski demikian, keberadaan warnet dapat menjadi pilihan jika tak dapat mengaksesnya secara personal.

Selain, kemudahan sarana  untuk mengaksesnya, Keadaan ini juga dipicu oleh banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh internet seperti dipaparkan di atas. Dan bak gayung bersahut ada pihak yang dengan cerdik melirik manfaat yang ditawarkan oleh INTERNET sebagai media atau dapat dikatakan partner dalam aktivitas mereka. Contoh sederhana adalah dunia perbankan. Ada bank yang menambahkan “internet” sebagai fasilitas yang memberikan kemudahan bagi konsumennya. Kemudahan ini, tentu saja disambut dengan tangan  terbuka oleh pelanggan. Bagaimana tidak, hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik, pelanggan dapat melakukan transakasi-transaksi, misalnya pembayaran listrik, dan air minum melalui internet tanpa harus bersusahria antri seperti cara konvensional yang biasa dilakukan. Suatu kemudahan yang sangat membantu di dunia yang serba mobile saat ini.

Internet juga memiliki nilai edukasi, dimana mesin pencari selalu menjadi alternative utama bagi pelajar ketika mencari tambahan referensi tugas sekolah mereka. Hemat waktu dan biaya, karena info yang mereka butuhkan akan lebih mudah diperoleh. Dan, variatifnya mesin pencari yang ditawarkan oleh internet menjadi salah satu bukti betapa banyaknya manfaat dari internet tersebut, antara lain, google, yahoo dan bing. Belum lagi, fasilitas tambahan dari mesin pencari, contohnya google yang saat ini memang menjadi mesin pencari favorit. Fasilitas itu antara lain terjemahan, maps, gambar, email serta beberapa fasilitas lainya.

Banyak situs di internet yang menjadikan internet laris manis. Salah satu yang masih hangat untuk diperbincangkan adalah situs jejaring social yang ditemukan oleh Mark Zuckerberg, yaitu facebook. Situs ini menjadi situ favorit bagi pengakses dunia maya, yang dijadikan jembatan persahabatan pada  semua kalangan tanpa mengenal batas.

Layanan electronic mail atau yang akrab disebut email juga menjadi alasan orang untuk memanfaatkan internet. Ditambah lagi adanya layanan gratis yang menyediakannya, sebut saja gmail, yahoo dan layanan lainnya.

Internet juga dapat dijadikan sarana penyaluran bakat bagi pemakainya. Contohnya adalah bagi mereka yang memiliki hobi menulis maka dapat menyalurkannya dengan memposting tulisan tersebut melalui media yang dikenal dengan blog. Blog dapat menjadi sarana interaktif antara penyalur bakat (pemilik blog) dengan pengunjung blog. Melalui blog ini juga pemilik blog secara tak langsung berbagi melalui ide-idenya yang telah dituangkan ke media tulis dan dipublikasikannya.  Pembaca yang meninggalkan komentar pada tulisan yang telah dibacanya inilah yang menjadikan blog sebagai sarana interaktif. Komunikasipun terjadi layaknya di dunia offline.

Disamping itu, banyaknya layanan gratis yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas download. Makanya tak heran jika pengguna internet semakin bertambah. Ya, begitulah di zaman modernisasi saat ini rasanya hampir semua lapisan masyarakat begitu mengenal INTERNET

Internet, internet dan internet. Teknologi ini menghipnotis semua pengguna. Tak akan pernah habis bahan untuk mengupas yang namanya internet. Apalagi saat ini internet dengan segala fenomenanya semakin marak diperbincangkan.


Internet Sehat

Sehat merupakan indikasi akan suatu keadaan yang positip. Artinya bebas dari yang namanya “penyakit”. Dimana-mana yang namanya “sehat” akan membuahkan banyak aktivitas  yang dapat dikerjakan. Bayangkan jika tubuh kita sakit! Sakit gigi misalnya. Bisa diprediksi bahwa tak banyak aktivitas dapat dilakukan. Seandainya pun banyak aktivitas yang dilakukan, tak akan maksimal dikerjakan.   Konsentrasi tak akan penuh. Salah-salah malah membuat gigi yang telah sakit tadi, bertambah parah, karena dipaksakan juga untuk berpikir guna beraktivitas.

Nah, bagaimana analoginya untuk internet sehat?

Seperti telah dijelaskan pada bagian di atas bahwa internet itu teknologi. Sehat itu merupakan indikasi keadaan. 

Maksudnya?

Ya, begini yang namanya internet itu adalah teknologi. Artinya internet adalah benda. Maka, seperti yang dipaparkan pada paragraf pertama bahwa teknologi dan manusia adalah dua hal yang berkorelasi bolak-balik,  ketika dikatakan “internet sehat” akan berhubungan erat dengan pemakai internet, yang tak lain adalah manusia. 

Maksudnya?maksudnya?

Ya jelas, internet itu sehat atau tidak tergantung dari setiap penggunanya.

Jadi, internet itu…

Internet itu sarana, teknologi seperti telah dipaparkan secara detail pada paragraf-paragraf di atas. Tak ada yang salah dari internet.  Yang menjadi titik permasalahan adalah “si pemakainya”

Dengan berinternet secara sehat maka akan banyak manfaat internet yang dapat dioptimalkan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, internet itu banyak sekali manfaatnya. Sayang, kalau penggunanya tak dapat  menggunakan kesempatan dari manfaat yang telah disediakan oleh internet. Padahal, sesuatu  itu akan bermanfaat jika pengaplikasiannya juga benar. Sebaik apapun teknologi itu, jika tak dapat digunakan secara sehat, hasilnya.. ya percuma. 

Siapa coba yang Rugi?internet?

 Bukan.., bukan. Yang rugi pastilah pengguna itu sendiri.

Lalu bagaimana cara berinternet secara sehat?

Secara umum dapat diartikan dengan menggunakan internet tanpa harus membuatnya menjadi sia-sia. Bahasa sederhananya, setiap pengguna dapat mengoptimalkan keberadaan internet untuk kebutuhannya, tanpa merugikan dirinya dan orang lain.

Merugikan dirinya dan orang lain?Jelasnya? 

 Contoh sederhana, pembajakan akun yang marak terjadi saat ini. Akibat cara berinternet yang tak sehat dari pengguna. Maka, efek yang tak sehat ini juga berpengaruh pada pemilik akun yang dibajak tadi. Yang jelas, sangat merugikan. 

Atau secara spesifik untuk mengetahui cara berinternet sehat atau tidak, ya tergantung dari tiap individu yang mengartikannya. Cara berinternet sehat  menurut si A, tentu akan berbeda dengan cara berinternet sehat menurut si B, si C, si D dan yang lainnya. 

Kesimpulannya, setiap orang memiliki definisinya sendiri tentang bagaimana pengaplikasian berinternet yang sehat. Namun, meski definisinya berbeda, tapi sebenarnya  muaranya hanya satu,  tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Atau jelasnya dapat memanfaatkan secara optimal keberadaan internet.


Internet sehat bikin hebat

Internet, sehat dan hebat. Perpaduan tiga kata yang saling sejalan. Apalagi jika dilirik secara mendalam dua kata terakhir, sehat dan hebat. Wow..makna yang kooperatif.   Sehat merupakan indikasi akan suatu keadaan yang positip.  Hebat merupakan satu kata yang tak lain adalah “hasil” atau “akibat’ dari perbuatan yang postip juga. Dalam hal ini berinternet secara sehat. Pastinya, setelah kita berinternet secara sehat, maka kita akan mengerti arti “hebat” tadi. Kita dapat memetik hasil dari cara berinternet yang sehat ini.

Bingung?

Sederhananya, andaikata kita seorang blogger. Kita sungguh-sungguh memanfaatkan blog sebagai sarana untuk berbagi ide, pemikiran. Lambat laun, secara tidak langsung kita seakan membangun brand diri kita melalui tulisan-tulisan yang kita posting. Pembaca pun akan member komentar yang artinya komunikasi terjadi. Bila cara penyampaiannya ide kita positip, bermanfaat dan blog yang kita bangun benar-benar baik, bukan hanya sekedar untuk mendapat keuntungan. Maka dengan senang hati kita mengelola blog ini,  tanpa tekanan untuk manghasilkan tulisan-tulisan yang yang selalu search engine. Karena dibangun dengan rasa suka, perlahan namun pasti blog itu juga akan banyak  mendapat pengunjung, apalagi jika postingannya memang berisi hal-hal yang bermanfaat, plus si empunya blog juga rajin jalan-jalan ke blog tetangga, plus memberi komentar yang postip dan brilliant. Hanya saja, itu tadi butuh proses, tak mungkin instan. Yang namanya “hasil” akan diperoleh di akhir, setelah aktivitas itu dilakukan.

Maka internet sehat bikin hebat, adalah tema yang sangat cocok untuk menyuarakan agar semua pengguna dapat berinternet secara sehat. Apalagi saat ini banyak sekali penyalahgunaan dari internet yang multifungsi ini.  Jadi, Mari berinternet secara sehat, dan pastinya kita akan mendapatkan hasil yang baik pula. Internet sehat bikin hebat. Setuju!

*dituliskan untuk “Festival BLOG 2010”
               

17 comments:

  1. bener bget.... setuju bget ah aq,,, dengan adanya internet dunia ini bagaikan sebuah kelereng yang kecil dan bening,,, betapa mudahnya kita menjangkau informasi... tapi memang benar kita juga harus memanfaatin internet sebijak mungkin... g boleh buat neko2.. hehehehe,,, thanks ea kunjungane... eh ngomong2 judu blog kita hampir sama nich... tukeran link yoggg.. please check eah... lets go blogging ...

    ReplyDelete
  2. @lrik lagu : ^_^, thanks y bwt kunjungannya
    @INILAH HIDUP KU: iy y? judul blog kita nyaris sama:). boleh..
    @Sang cerpenis bercerita : makasih

    ReplyDelete
  3. it's ok.. sambil baca-baca artikel yg lain jg boleh, sapa tau bermanfaat..

    ReplyDelete
  4. internet memang sebuah teknologi yang serba canggih, ibaratnya seluruh dunia berada didepan mata dengan internet. Tapi penggunaannya juga harus dikontrol agar tidak menimbulkan dampak negatif/penyalahgunaan internet.

    ReplyDelete
  5. internet sehat
    tergantung ma pemakainya

    ReplyDelete
  6. internet harus digunakan dalam hal yang baik saja

    ReplyDelete
  7. kalo terlalu lama di internet juga nggak baik, selain mata lelah juga banyak godaannya.

    ReplyDelete
  8. @choirul: bener, thanks bwt kunjungannya
    @yusuf : ya sih, sgala sesuatu yg berlebihan itu emang gak akan baik endingnya. Klo masalah godaan? ya, itu sih kembali ke komitmen kita ketika berinternet:)
    bintang air: sabar win, maklum br sempet ngecek ni blog,:)

    ReplyDelete
  9. indah hidup bukan sebrapa banayk org yg membhgaiakan kita tapi berapa banyak yg meraskan kebahgiaan krna kita (for wasior, mentawai jogja)

    Semua sesuatu jika di awali dengan metode yang sehat akan berbuah Nikmat, Salam kenal mapir juga ya di blog ku... :)

    ReplyDelete
  10. mantap artikel nya, memang internet ibarat pedang bermata dua, bisa merugikan bisa juga mneyehatkan, sesuai yang diartikel bahwa penggunanya lah yang dirugikan,
    ini juga sekaligus kunjungan balik atas kunjugannya ke blog ane tips 4 sehat 5 sempurna. Salam blogger!

    ReplyDelete
  11. siiip...thanks bwt kunjungannya

    ReplyDelete
  12. baik buruknya internet tergantung kebijakan pribadi pengguna. salam...follow me back yah?

    ReplyDelete
  13. iya, wit mo follow back, tp link Anda gak ada Pak. Coba deh bapak klik follower punya Anda di blog saya ini.Yang terlihat halaman profil tak tersedia, jadi gimana mo follow? Maaf, mhon bantuannya makasih...
    makasih udah di follow

    seneng punya temen baru:)

    ReplyDelete

Buat semua Sobat, saya sangat menghargai satu dua patah komentar Anda, tapi please gak usah meninggalkan link di kolom ini atau di Wit's chat box, ok.
Saya sangat menghargai pengertian sobat:)