Monday, April 18, 2011

Menjadi orang sukses

Apalah artinya kita menjalani hidup apabila tidak memiliki tujuan yang  jelas karena semua itu tidak ada gunanya. Sebab hidup tanpa tujuan bagaikan sebuah pohon yang dihembus angin. Kemana angin berhembus ke situlah daun-daunnya melambai. Apabila hembusan angin sangat kencang maka dapat dengan mudah kekuatan pohon terkalahkan sehingga roboh. Begitulah gambaran hidup manusia di era yang serba tak terkontrol ini apabila tidak memiliki tujuan yang jelas.

Sebagai seorang muslim yang beriman kepada Allah swt dan rasul-Nya, tentu memandang hidup sekedar tempat bersinggah sesaat. Sebab masih ada perjalanan yang lebih panjang yang menghadang di hadapannya. Dunia ini adalah alam yang berada pada urutan kedua dalam perjalanan manusia, setelah sebelumnya hidup di alam rahim, selama kurang lebih Sembilan bulan. Dunia yang sekarang kita tempati ini, paling lama seratus tahun akan kita tempuh. Tapi ukuran ini tidak baku, sebab kapan saja dan dimana saja, Allah swt akan berkenan memindahkan kita ke  alam berikutnya yaitu alam kubur.

Bisa saja seorang baru sekali menghirup udara dunia ini, lalu Allah swt langsung memanggilnya. Ada juga yang  sudah tua , tapi tidak sedikit yang masih muda, sehat wal’ afiat,punya karir bagus, kaya terhormat dan sedang jaya-jayanya, namun ketentuan Allah swt tidak bisa ditolak oleh manusia manapun. Kapan saja Allah mau, dicabutlah nyawa kita, dengan sebab tertentu ataupun tanpa sebab tertentu. Segala macam daya dan upaya yang kita lakukan, tidak akan mampu menolak apa yang telah Allah tetapkan.

Setelah melewati alam dunia ini, semua manusia akan mengalami banyak alam lainnya. Pilihannya ada dua, mendapatkan kenikmatan atau kesengsaraan. Tapi memilihnya harus sejak sekarang ini, bukan pada saat kita sudah di alam lain nanti. Sebab alam dunia sekarang ini memang telah ditetapkan oleh Allah untuk dijadikan penentu pada tempat-tempat selanjutnya.

Agar hidup kita semakin terarah dan mencapai tujuan maka patut kiranya kita menyelami tentang perkataan Imam Ghazali, dimana beliau membagi kehidupan terdapat empat golongan yaitu :
Pertama, seorang hamba yang menuai sukses dunia dan akhirat
Kedua, seorang hamba yang menuai sukses di akhirat saja
Ketiga, seorang hamba yang  menuai sukses sekedar hanya di dunia
Keempat, seorang hamba yang tidak sukses dunia dan akhirat (orang yang hidupnya nestapa dunia dan akhirat)

Dari empat golongan tersebut, kita sendirilah yang dapat menentukannya apakah kita menjatuhkan pada pilihan pertama, kedua dan seterusnya. Hal ini akan didukung oleh kesadaran dan pengetahuan yang kita miliki. Seorang hamba bisa meraih kesuksesan di dunia dan akhirat sekaligus. Ialah orang yang menyadari kehidupan ini layaknya sandiwara yang penuh dengan senda gurau dan permainan. Allah swt berfirman:
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampong akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?”. (QS. Al-An’am:32)

Maka seorang muslim tidak boleh terperdaya oleh kehidupan dunia yang bersifat sementara. Sangat penting bagi kita mempertimbangkan kepentingan akhirat dalam setiap aktivitasnya. Allah berfirman:
“Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air hujan yang kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, diantaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai pula perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab kami di waktu malam atau siang, lalu kami jadikan tanam-tanamannya laksana tanam-tanaman yang sudah di sabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan Kami kepada orang-orang berfikir”. (QS. Yunus:24)



                                                                        Diambil dari buku:
                                                                        Doa dan amalan Orang Sukses
                                                                        Karya Muhammad Syafii Masykur


Jadi sobat pilih yang mana?golongan pertamakah?keduakah?atau ketiga dan keempatkah?

21 comments:

  1. Wah kalau saya pilih yang imbang antara dunia & akhirat mbak.....:)

    ReplyDelete
  2. iya setuju, aku suka sama pilihan yg pertama:)

    ReplyDelete
  3. Aku inginnya sukses dalam diri sendiri, di dunia dan akhirat..

    ReplyDelete
  4. semoga kita termasuk golongan yang terbaik :)

    ReplyDelete
  5. sukses di akhirat aja deh. heheh
    aku bagi2 award, diambil ya. :)

    ReplyDelete
  6. Kami memilih yang pertama, Amin.

    Salam persahabatan Mbak Wits

    ReplyDelete
  7. mau jadi orang sukses tentu keinginan banyak orang....
    sukses lahir batin dan dunia akhirat lebih mantap ,,,,,,

    ReplyDelete
  8. kejarlah dunia seakan kita hidup selamanya
    kejarlah akhirat seolah kita akan mati besok.. ^_^

    ReplyDelete
  9. Tentu semua orang ingin bahagia dunia dan akhirat, tapi kebanyakan dari kita terpedaya dengan kehidupan dunia, membuat kita lebih mengejar materi dan sedikit beramal menyiapkan bekal untuk hidup di akhirat....

    Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan agar kita selalu bisa menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya, dan semoga Allah SWT memberikan kita kebahagiaan dunia dan akhirat, amin.....

    ReplyDelete
  10. keren nih postingan, suka karena menginspirasi menjadi seorang yang sukses tidak hanya di dunia tetapi juga sukses di akherat. smoga kita termasuk di dalamnya..

    asalkan jangan hanya bicara, tetapi juga mengamalkan apa yang menjadi tuntunan..

    ReplyDelete
  11. QS.Yunus 24, subhanalloh mbak Wits...
    saya tertegun membaca arti surat ini, terima kasih sudah mengingatkan dan semoga kita semua masuk ke golongan pertama.

    Di zaman yang serba canggih dan modern ini jangan sampai mata kita silau dan lupa urusan akhirat, Allahu Akbar!

    ReplyDelete
  12. all : amiiin...semoga kita semua bisa menjadi golongan pertama
    Gaphe :insyaallah..hidup tak akan pernah lepas dari proses belajar, dan selalu memperbaiki diri..

    ReplyDelete
  13. salam sob
    tujuan hidup harus jelas dan haruslah kita pahami agar ada satu rujukan untuk mengarah ke sana

    ReplyDelete
  14. SubhannALLAH... Kita tdk tw, tiba2 kita sudah ad d dunia, setelah itu kita d berikan ilmu pengetahuan n petunjuk (AL-QURAN) yg di wahyukan kepada panutan kita RASULULLAH Saw. Dan itulah pegangan kita menuju kehidupan berikutnya...

    Sukses dunia n akhirat saya yakin itu impian kita semua, semoga langkah kita tdk tersesatkan oleh waktu n selalu melangkah di jln kebenaran yg telah ajarkan RASULULLAH.

    ReplyDelete
  15. "Mengejar sukses akhirat, dunia akan ikut sukses, tetapi jika tujuan utamanya sukses dunia hanya akan mendapat dunia atau bahkan tidak akan sukses kedua duanya", terima kasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  16. all : memang baiknya, dunia dan akhirat menjadi tujuan dalam menjalani hidup ini. thanks:)

    ReplyDelete
  17. semoga kita semua termasuk yang succes dunia akhirat ya sob.........


    salam persahabatan selalu dari menone

    ReplyDelete
  18. Tentu kita akan memilih sukses didunia juga akhirat. Makanya kita diajarkan do'a "Rabbanaa aatinaa fi'd dunya khasanah wa fi'l aakhirati khasanah" adanya harmoni.

    “Dan carilah dengan apa yang dianugerahkan Allah kepada engkau akan negeri akhirat dan janganlah engkau melupakan bagianmu di dunia, dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu janganlah engkau berbuat kerusakan di bumi, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”. (QS Al Qasas 28 : 77).

    Seperti yang saya ungkap dalam blog saya:
    http://baguse-rek.blogspot.com/2011/01/keharmonisan-hidup.html

    Salam takzim.

    ReplyDelete
  19. saya mau yang
    Pertama, seorang hamba yang menuai sukses dunia dan akhirat

    amin....

    ReplyDelete

Buat semua Sobat, saya sangat menghargai satu dua patah komentar Anda, tapi please gak usah meninggalkan link di kolom ini atau di Wit's chat box, ok.
Saya sangat menghargai pengertian sobat:)