Monday, March 21, 2011

Profesionalitas

Profesional itu mutlak diperlukan bila kita ingin sukses dalam bidang usaha yang kita geluti. Misalnya kita membuka usaha di bidang pendidikan. Ambil contoh kursus.
Di era yang serba sulit untuk memperoleh uang saat ini, orang tentu tak ingin mengeluarkan biaya hanya untuk kesia-siaan. Maksudnya, ketika seseorang tertarik dengan jasa yang kita tawarkan, maka jangan sia-siakan kepercayaan tersebut. Berikanlah pelayanan yang sepadan dengan pengorbanan yang telah dikeluarkan oleh pelanggan kita. Tentunya, bila pelanggan merasa kecewa, rugi , mereka tak akan pernah kembali. Lalu, siapa coba yang rugi?jawabnya ya usaha kita tersebut.
Sebaliknya bila pelanggan merasa cocok, nyaman dan merasa bahwa uang yang telah ia keluarkan seimbang dengan pelayanan pendidikan yang ia dapatkan, dia pasti akan kembali. Bukan hanya itu, secara tak langsung, usaha kita  akan terpromosikan.
Ketika jasa yang kita berikan memuaskan, secara tak sadar pelanggan tentu akan bercerita tentang bagaimana baiknya jasa yang ditawarkan oleh usaha kita. Dari mulut ke mulut informasi ini akan terus bergulir yang pada akhirnya usaha kita banyak dikenal orang. Kalau sudah begini, usaha kita juga yang diuntungkan.
Jangan pernah merasa rugi untuk memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan.
Tulisan ini dibuat sebagai bahan gambaran dari seorang pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan yang ia terima bila dibandingkan dengan besarnya uang yang harus ia investasikan untuk membeli jasa yang ditawarkan suatu institusi tertentu.
Semoga tulisan sederhana dan singkat ini bermanfaat buat kita semua.

24 comments:

  1. amin, saya juga lagi belajar Wits. untuk menghargai seorang pelanggan meskipun kadang emosi naik-turun...

    ReplyDelete
  2. yah yah...

    profesionalitas itu emang dibutuhkan dalam segala hal yah...

    kalo ga profesional mending ga usah berbuat lah, tapi ga ada salahnya cobacoba, hehehehe...

    salam kenallllll... maenmaen yah...

    ReplyDelete
  3. wah betul setuju sekali frenn, nyari customer sekarang susah & banyak saingan jadi mesti bisa mengambil hati dg pelayanan

    ReplyDelete
  4. Ajeng Sari Rahayu : ^^

    Irhampedia : salam kenal jg. Thanks buat kunjungannya mas:)

    Arief Bayoe Sapoetra : setuju. Customer itu raja, jgn kecewakan mereka!

    ReplyDelete
  5. Wits....dlm berdagang emg kita harus benar2 punya profesionalitas yg tinggi...

    ReplyDelete
  6. Hanya sedikit orang yang rela memberikan pelayanan terlebih dahulu, kebanyakan para pengusaha hanya ingin mengambil keuntungan secara singkat, tidak memikirkan jauh kedepan. Alhasil, umur usahanya pun singkat.

    ReplyDelete
  7. bener bgt, "pelanggan adalah raja"

    ReplyDelete
  8. nambah ilmu juga lagi nih..wah,makasih postingannya.kok lama baru mengeluarin postingan?klu ada waktu maen2 keblog ane ya

    ReplyDelete
  9. Profesionalitas adalah sebuah tuntutan jika seseorang ingin intens di bidangnya. Salam

    ReplyDelete
  10. betul tuh buk...profesionalisme itu penting dalam segala hal...jatuh cinta juga harus profesionalisme xxixii

    ReplyDelete
  11. Ya, dengan sikap kerja profesional secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap nama baik kita, misalnya pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan, bukan tidak mungkin kedepannya dia akan membawa teman-temannya, secara tidak langsung kita sudah di promosikan gratis.

    ReplyDelete
  12. yupz.. berikanlah pelayanan yang tebaik.. so pasti para pelanggan akan datang sendiri

    ReplyDelete
  13. Bunda loving : betul bun..

    Srikandi hati : ^_^

    Yhantee : iya, setuju

    l-one : sama2

    ratansolomj9 :makasih buat kunjungannya

    maspri : hehe..

    Dwi : tuh kan bener

    Lozz akbar : bener

    ReplyDelete
  14. Ya iya lah.... Musti profesianal, tapi nggak ada orang yang bisa langsung profesional. Semua harus dari nol, belajar dari pengalaman adalah salah satu caranya.
    Ohya, selain profesional kepada pelanggan, saya rasa kita juga perlu untuk bersikap ramah........

    Salam sukses untuk Mbak Wits dan teman-teman yang udah komentar......

    ReplyDelete
  15. sebelumnya trim's untuk comment di rumah ku, pendidikan memang bisnis menjanjikan akan tetapi kita pun harus ingat pendidikan pun adalha wilayah penagbdian kita! slam persahabatan selalu!

    ReplyDelete
  16. Pelayanan dan mutu dari suatu produk atau jasa di kita tawarkan sangat di perlukan.!

    ReplyDelete
  17. TRIMS kunjungannya semoga silaturrahmi senatiasa terjalin erat

    ReplyDelete
  18. tuanmudakalsel.com : makasih

    d'zaro : salam persahabatan juga

    situsonline : bener

    Kang Martho : insyaallah..

    ReplyDelete
  19. setuju dek, jasa emang harus bergantung pada kepercayaan pelanggan . :)

    ReplyDelete
  20. all : makasih buat kunjungannya

    ReplyDelete
  21. salam sob
    professionalitas harus dan wajib sob demi kemajuan

    ReplyDelete
  22. orang yg profesional adalah orang yg berkompeten di bidangnya...

    ReplyDelete
  23. di tempat saya bekerja
    maka PELANGGAN adalah DARAH bagi bisnis yang kami jalankan :)

    ReplyDelete

Buat semua Sobat, saya sangat menghargai satu dua patah komentar Anda, tapi please gak usah meninggalkan link di kolom ini atau di Wit's chat box, ok.
Saya sangat menghargai pengertian sobat:)